Meaning, Sense, Denotation, Reference, Proposition, dan Intention

A.   Meaning

Meaning (Makna) adalah pertautan yang ada di antara elemen bahasa itu sendiri. Makna menurut Palmer (1976:30) hanya menyangkut intra bahasa. Sementara Lyons (1977:204) menyebutkan bahwa, mengkaji atau memberikan makna suatu kata adalah memahami kajian kata tersebut yang berkenaan dengan hubungan-hubungan makna yang membuat kata tersebut berbeda dengan kata-kata lainnya.

Meaning (makna) merupakan ‘ide’ atau ‘konsep’ dimana sebuah benda diasosiasikan. Ketika kita mendengar atau membaca sebuah kata, akan terbentuk sebuah gambaran (bayangan) mental dalam benak kita mewakili apa kata tersebut, disini terbentuk apa yang disebut ‘konsep’ kata dengan ‘bayangan mental’.

 

B.  Sense

Sense merupakan makna setiap ekspresi berbeda dalam konteks pemakaiannya, ekspresi yang lain apa yang berhubungan (berkaitan) dengannya, dan eskpresi apa yang bertolak belakang dengannya.

Setiap kata bermakna karena ada hubungan diantara setiap kata. Sebagian hubungan tersebut terlihat ketika kata tersebut digunakan, ketika digunakan kata akan terlihat memiliki hubungan yang tepat atau tidak.  Akan tepat jika John Walked, tepat pula rangkaian kata An hour elapsed. Tetapi tidak tepat apabila John elapsed atau An hour walked. Makna kata elapse akan cocok dengan kata hour, day, second, atau minute tetapi tidak dengan John.

 

C.  Denotation

Denotation (denotasi) adalah potensi kata seperti pintu atau kucing digunakan dalam eskpresi kebahasaan tertentu.  Denotasi merujuk kepada pengetahuan mengenai benda/maksud dalam diri si penutur dan si pendengar serta menggunakannya dalam komunikasi.

Denotasi menunjukkan aspek sentral dari makna kata dimana setiap pengguna bahasa setuju mengenai makna kata itu. Dengan pengetahuannya, orang menggunanakan kata-kata dalam komunikasi secara berhasil. Berbeda dengan konotasi lebih kepada makna kata dipahami secara personal. Konotasi berbeda menurut pengalaman individu, meskipun begitu karena orang sering memiliki berbagai pengalaman yang sama, mungkin saja akan memiliki konotasi makna yang sama.

Denotasi homogen, konotasi bervariasi menurut pengalaman hidup seseorang. Konotasi merupakan arti tambahan yang bersifat situasional dan personal.

 

D.  Reference

Reference (referensial) adalah hubungan antara ekspresi bahasa seperti pintu, pintu itu, kucing, kucing yang lain dan kepada apa saja ungkapan tersebut ditujukan/mengacu dalam situasi penggunaan bahasa tertentu termasuk bayangan apa yang ada dalam benak si penutur. Reference merujuk kita tentang makna yang secara langsung mengacu kepada sesuatu yang dapat berupa benda nyata, peristiwa, proses, ciri, gejala sesuatu dsb.

Misalnya:   kambing

Gunung

indah

Makna referensial dari kata diatas adalah;

–          jenis binatang.

–          Tanah bukit yang sangat besar, yang didalamnya ada lava yang masih aktif, atau tidak mengeluarkan lava.

–          Riang, mata yang berbinar, enak dilihat, dsb

 

E.  Proposition

Proposisi adalah pernyataan yang dapat di buktikan benar salahnya.

Contoh :

Matahari terbit dari arah timur ke arah barat

Mangga itu manis.

Pelajar itu pintar.

Bakri orang terkaya di Indonesia

 

F.  Intention

Intention adalah makna maksud si pembicara, yaitu menenakankan kepada maksud pembicara.

Misalnya: ngapain kucing itu kesini!

Makna kucing diatas bukan memiliki makna refersial, seekor kucing. Tetapi kucing diatas bisa jadi ‘seeorang yang tidak disuka’ bisa saja kerabatnya yang selalu datang kerumah mengambil sesuatu yang kadang menjengkelkan harinya.

Makna intensional disini berupa maksud mengenai penggunaan kata tertentu yang disampaikan oleh pembicara yang tidak dapat secara langsung diasosisikan dengan makna referensi penggunaan kata yang digunakan.

 

Update: Umar Fauzan, 5 Desember 2010

Comments
One Response to “Meaning, Sense, Denotation, Reference, Proposition, dan Intention”
  1. Fu_chi says:

    Thanks ya akhirnya aq dapat penjelasan yang cukup jelas tentang sense dan reference.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: